Kamis, 14 Agustus 2014

I'm back ..

selamat siang, rasanya kayak baru bangun dari tidur panjang. tahun lalu saya terakhir posting tulisan sekitar bulan Juli 2013, dan sekarang Agustus 2014. okee, berasa hibernasi selama setahun ini. 
satu tahun berlalu, banyak cerita-cerita baru yang membuat hidup saya pastinya (lebih) berwarna.
Tahun ini saya datang dengan membawa status baru, bukaan.. bukan status pernikahan πŸ˜…
kalo tahun lalu saya masi berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir yang Galau maksimal , sekarang saya sudah jadi SARJANA . iyaaa sarjanaa. 
Perjalanan buat dapetin gelar sarjana ini complicatednya pake banget. 

Dalam dunia perkuliahan, pada saatnya nanti pasti kita bakal ngerasain yang namanya SKRIPSI. Satu kata aja sih, tapi kata skripsi ini jadi serem banget kalo kita lagi ada di semester-semester akhir perkuliahan. Mau makan inget skripsi, mau tidur kepikiran skripsi, mau main keingetan skripsi, lagi pup yang di pikirin juga skripsi. Pacar aja sampe kalah saingan sama skripsi πŸ˜„
sebenernya ada tiga hal mendasar yang jadi tolak ukur dalam pengerjaan skripsi (oke, jangan tegang. santai aja bacanya)
yang pertama dosen pembimbing, yang kedua kita sendiri, yang terakhir referensi/buku penunjang.
kalo 3 hal itu bisa akur pasti yang namanya skripsi itu bisa cepet selese. mau 3 bulan?2 bulan? sebulan aja bisa. 
nahh permasalahan bisa aja muncul :

Permasalahan pertama , Dosen Pembimbing udah enak banget, bimbingannya gampang di temuin, kalo bimbingan selalu kasi masukan yang bikin semangat, revisi ga banyak, dari kitanya sendiri juga udah niat, udah ada targetnya , ehh masalahnya di referensinya. tiba2 buku yg d butuhin itu buku keluaran lama jaman nenek moyang. nahloh kalo udah gini mau di cari sampe mana aja yaa susah. hal kayak gini yang bikin mahasiswa galaunya sampe berhari-hari.

Permasalahan kedua , Referensi udah ada, gampang dicarinya tinggal masukin data, dosen pembimbing juga udah enak, masalah yang muncul dari kita sendiri, yang ngerjainnya ga serius, males, kebanyakan main, keseringan nunda-nunda ngerjain revisi gitu minta lulus cepet? jangan harap dehh, kemungkinannya keciiilll. karna skripsi itu butuh niat dan niat itu ngga hanya di mulut doang. tapi harus ada sikapnya (sepertinya saya nanti bisa jadi motivator buat mahasiswa tingkat akhir yang galau skripsi)

Permasalahan ketiga ini bisa dateng dari dosen pembimbing. Kalo anak gaul sekarang nyebutnya "Dospem".
nahh, kalo masalah yang dateng dari dospem ini bisa ngebuat 2 tolak ukur lain dalam ngerjain skripsi jadi bermasalah semua. Sebenernya ngga ada maksud buat 'image dospem' jadi jelek. tapi yaaa ini kenyataan sih. 
Bersyukurlah kalian yang waktu pembagian dospem kebagian dosen yang nyantai, baik hati, dan ngga killer πŸ‘Ώ
karna dosen yang menakutkan itu udah buat mahasiswanya takut duluan sebelum ketemu. akhirnya awalnya mau ngajuin judul malah ketunda2 sampe berbulan2.
Tapi balik lagi ke kata2 bijak "don't judge a book by the cover"
ada dosen yang keliatannya aja nakutin, suka marah2, tapi kalo bimbingan malah ngebantu banget. 
Dosen2 yang kayak gitu biasanya dosen yang berkualitas. bisa tegas sama mahasiswanya, bisa kasi masukan yang ngga buat mahasiswa tambah bingung. 
Kebanyakan sih mahasiswa paling suka sama dosen yang nyantai, baik, ga suka marah, jarang ada revisi, cepet acc juga. tapi itu juga jarang ada πŸ˜„

Ada juga mahasiswa yang dapet dospem enak, ngga suka marah, tapi susah di temuinnya, sering banget pergi keluar kota, apalagi luar negri. kalo dapet dosen kayak gitu tu rasanyaaaa ........ (ahh ini saya curhat nih jadinya )

Pada intinya type dospem itu macem2 , tinggal cara kita ngadepinnya aja, yang penting sabar, banyak berdoa. kalo belum di lulusin yaaa pasrah dehh😁😁
 
Selain 3 hal itu Pacar juga pengaruh sama proses pengerjaan skripsi. kalo yang ngga punya pacar yaudahh syukuri aja.
Tapi paling engga punya pacar yang suka nyemangatin waktu ngerjain skripsi itu bisa bikin kita semangat juga. 
betewe Pacar idola itu adalah pacar yang ngga suka bilang "jadi kamu lebih milih skripsi daripada aku??" 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

monggo yang mau berkomentar